"E-Commerce"

"E-Commerce" adalah suatu sistem perdagangan/perniagaan yang menggunakan jaringan elektronik.
Perdagangan melalui Jaringan Elektronik
Perusahaan yang menggunakan jaringan elektronik untuk memudahkan proses operasi perdagangan.Perdagangan E-Commerce itu sendiri  memiliki 2 jenis,diantaranya :
1. Business-to-Customer (B2C)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berhubungan  transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
2. Business-to-Business (B2B)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berhubungan  transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.
Operasi itu bersifat internal ; dilakukan dalam perusahaan oleh bidang fungsional keuangan, manufaktur, pemasaran, SDM dan jasa informasi.Beberapa operasi lain mencakup hubungan perusahaan dengan kedelapan elemen lingkungan.
Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik
• Pelayanan pelanggan yang lebih baik
• Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
• Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik.
• Biaya Tinggi
• Masalah Keamanan
• Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
 Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik.
Rencana bisnis strategis untuk mewujudkan komitmen untuk menggunakan
perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai keunggulan
strategis. Perusahaan pertama-tama mengumpulkan intelijen bisnis
sehingga dapat memahami peran potensial yang akan dimainkan tiap elemen
lingkungan. Saat perusahaan-perusahaan saling berinteraksi, langkah
selanjutnya adalah membentuk suatu system antar organisasi (IOS)
melalui pertukaran data elektronik (EDI) atau suatu ekstranet.
Ekstranet adalah suatu jenis khusus system internet yang menggunakan
browser halaman Web dan server web standar, seperti system internet
tradisional, tetapi sejumlah kecil entitas luar yang dipercaya
diberikan akses ke data dan aplikasi sensitive milik perusahaan. IOS
dicapai dengan mengikuti siklus hidup system atau melakukan rancang
ulang proses bisnis (BPR). Hasilnya adlah system berorientasi jaringan
yang menggunakan sambungan langsung, jaringan bernilai tambah,
internet, atau kombinasinya.
 Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik :
Strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang elemen-elemennya
dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Strategi ini adalah system
antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah EDI yaitu pertukaran data
elektronik. Pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk mencapai
system antar organisasi. Pembagian informasi berbasis computer yang
sensitive dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi yang
umumnya diasosiasikan dengan internet, ekstranet biasanya terlindung
dibalik firewall. Firewall adalah perangkat lunak computer yang hanya
memperbolehkan akses oleh pemakai sah.
Sistem Antar Organisasi (IOS) ;
Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat IOS (Intra Organizational system) :
Manfaat IOS terbagi menjadi dua kategori yaitu efisiensi komparatif dan kekuatan tawar menawar.
*Efisiensi Komparatif, mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka
dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka.
*Kegiatan tawar menawar, kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan
perselisihan dengan pemasok san pelanggannya yang menguntungkan dirinya
disebut kekuatan tawar-menawar. Kekuatan itu berasal dari tiga metode
dasar dengan menawarkan keistimewaan produk yang unik, dengan
mengurangi biaya yang berhubungan dengan pencarian dan dengan
meningkatkan biaya peralihan.
Pertukaran data elektronik (EDI) :
Pertukaran Data Elektronik (EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang
terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari
computer-ke-komputer diantara beberapa perusahaan.
Hubungan EDI yang umum :
Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara
perusahaan dengan pelanggan (customer side). Set transaksi adalah suatu
jenis dokumen tertentu seperti faktur. EDI memungkinkan terjadinya
Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara
Elektronik.
Standar EDI :
Standar yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
Tingkat penerapan EDI :
Ada tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3.Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang
ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer
perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing
- Kekuasaan yang dilaksanakan
- Kebutuhan Intern
- Dukungan manajemen puncak
Manfaat EDI :
Ada 2 manfaat EDI, yaitu :

Manfaat Langsung adalah manfaat yang berasal dari teknologi.
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi Kesalahan
- Mengurangi biaya
- Meningkatkan efisiensi operasional
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
- Meningkatkan pelayanan pelanggan
Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik :
Ada beberapa Pilihan Perdagangan melalui jaringan elektronik, yaitu :
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi
2.Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini
disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi
juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit
itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi
global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga
mencakup para pelanggan.